6 Manfaat Minum Kopi Pahit yang Murni tanpa Pemanis

Banyaknya manfaat minum kopi membuat orang-orang semakin bersemangat mengonsumsi jenis minuman yang satu ini. Kopi memang sudah sangat populer di Indonesia maupun di negara lain. Minuman ini tak hanya terasa nikmat tetapi juga punya segudang manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh.

Khasiat Kopi Pahit

Banyak cara yang bisa dipilih untuk menikmati kopi salah satunya adalah mengonsumsi kopi tambahan pemanis apapun. Meskipun rasanya pahit, tapi ada banyak manfaat yang bisa didapat. Ini dia 6 manfaat yang bisa dirasakan setelah mengonsumsi kopi pahit.

1.     Membersihkan Saluran Pencernaan

Minuman kopi ternyata bersifat diuretik. Setelah mengonsumsi kopi biasanya frekuensi buang air kecil akan meningkat. Di saat itulah tubuh Anda sedang membersihkan racun-racun serta bakteri yang ada di dalam tubuh. Saluran pencernaan terutama perut menjadi lebih bersih setelah konsumsi kopi.

2.     Meningkatkan Metabolisme

Secangkir kopi pahit bisa membuat proses metabolisme di dalam tubuh berjalan lebih cepat. Kondisi ini akan membuat proses pembakaran lemak juga berjalan lancar. Hasil akhirnya adalah timbunan lemak bisa terbakar dan bobot tubuh akan berkurang. Itulah mengapa konsumsi kopi banyak dilakukan demi mendapat berat tubuh yang ideal.

3.     Memperpanjang Usia

Salah satu manfaat minum kopi adalah bisa membuat Anda punya usia yang lebih panjang. Kopi memiliki antioksidan yang tinggi dan bisa membantu tubuh lebih kuat dari terpaan penyakit. Selain itu, kopi juga meminimalkan risiko beragam jenis penyakit mulai dari kanker, stroke, sirosis hati, dan masih banyak lagi.

4.     Meningkatkan Kemampuan Aktivitas Fisik

Kopi memberikan energi bagi tubuh. Diketahui bahwa konsumsi kopi dapat membuat kadar hormon epinefrin atau adrenalin meningkat. Kondisi ini akan membuat tubuh lebih berenergi dan bisa beraktivitas fisik dengan intensitas yang lebih berat. Tak heran jika kopi banyak digunakan sebagai sumber energi sebelum beraktivitas atau bekerja.

5.     Menurunkan Risiko Diabetes

Minum kopi pahit tanpa tambahan pemanis apapun ternyata bisa membantu menurunkan risiko penyakit diabetes. Kopi akan memperlancar proses metabolisme dalam tubuh. Hal ini akan merangsang produksi hormon insulin yang bisa menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Namun, untuk mendapat manfaat ini Anda sebaiknya mengonsumsi jenis kopi pahit dengan kafein yang rendah.

6.     Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Salah satu penyebab terbesar kematian pada manusia adalah penyakit jantung. Kondisi ini dapat dicegah lewat konsumsi kopi pahit tanpa pemanis. Kopi diketahui mampu menurunkan tingkat peradangan atau inflamasi pada tubuh. Risiko penyakit kardiovaskular dapat menurun berkat khasiat kopi tersebut.

Anda bisa mendapatkan semua manfaat minum kopi ini dengan tidak menambahkan pemanis apapun di kopi Anda. Jika Anda belum terbiasa, Anda bisa memulainya secara perlahan dengan mengurangi jumlah pemanis di dalam kopi. Lama-lama Anda pasti bisa menemukan kenikmatan dari secangkir kopi pahit tanpa pemanis.