6 Nutrisi yang Diperlukan untuk Mendukung Pertumbuhan dan Kesehatan Anak

Masa anak-anak merupakan masa dimana tubuh memerlukan nutrisi yang banyak untuk mendukung pertumbuhannya, seperti untuk pertumbuhan gigi, kesehatan mata, kekuatan tulang, pertumbuhan otak, dan masih banyak lagi. Jika pada bayi masih mendapatkan nutrisi dari air susu ibu, maka saat masa menyusui selesai, anak bisa mendapatkan dari makanan, buah, sayur, dan susu energi anak.

Nutrisi yang dibutuhkan anak

Tak hanya orang yang sudah lanjut usia, anak-anak juga merupakan usia dimana tubuh sangat sensitif dan rentan terhadap penyakit, virus, maupun bakteri. Oleh karena itu, anak-anak harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya. Nah, berikut beberapa nutrisi yang diperlukan pada masa pertumbuhan anak:

1.     Vitamin

Nutrisi yang terdiri dari beberapa jenis ini sangat berperan dalam membantu nutrisi lain bekerja. Misal Vitamin A bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata, vitamin C untuk memperbaiki sel darah merah dan sebagai antioksidan, vitamin D berfungsi dalam membantu tubuh menyerap mineral atau kalsium dimana kalsium tersebut sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan gigi dan tulang.

Kemudian ada vitamin E yang dapat melancarkan sistem metabolisme, memperbaiki DNA, serta menangkal radikal bebas. Vitamin-vitamin tersebut bisa Anda dapatkan dari bayam, alpukat, pepaya, nanas, ikan, telur, tahu, tempe, daging sapi, buah berwarna cerah serta susu.

2.     Protein

Perkuat otot dan tulang anak dengan protein, baik protein nabati maupun protein hewani. Protein ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi telur, ikan, daging sapi, kacang-kacangan, atau susu energi anak dengan kandungan protein yang tinggi. Protein ini juga berfungsi dalam membentuk jaringan serta sel-sel tubuh, dan menghasilkan hormon.

3.     Kalsium

Nutrisi yang satu ini memang sudah terkenal manfaatnya untuk kesehatan gigi dan tulang, meningkatkan kekuatannya dan anak akan mudah tinggi jika memiliki asupan kalsium yang banyak selama masa pertumbuhan. Kalsium ini bisa didapatkan jika mengonsumsi ikan, susu, keju, atau makanan hasil olahan susu.

4.     Zat Besi

Jangan sampai si kecil mengalami anemia karena kekurangan zat besi. Nutrisi ini diperlukan tubuh untuk mengangkut oksigen menuju organ-organ penting, seperti jantung dan otak. Konsumsilah kuning telur, daging dan ikan untuk mendapatkan zat besi.

5.     Asam Lemak Esensial

Pada “usia emas”, otak anak-anak sangat mudah menangkap dan memahami sesuatu di sekitarnya. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan asam lemak esensial ini yang juga bisa bermanfaat dalam mengatur dan menjaga kesehatan indra penglihatan anak, mengatur sistem saraf, menjaga sistem imun tubuh dan melancarkan aliran darah.

Demikian beberapa nutrisi yang harus didapatkan anak pada masa pertumbuhan. Selain mendapatkan dari buah dan sayur, Anda juga bisa memberikan susu energi anak sebagai pelengkap dalam memenuhi kebutuhan nutrisi.

Oh ya, berikan juga nutrisi seperti magnesium yang berfungsi dalam menjaga kestabilan jantung, kalium yang berperan dalam mengatur tekanan darah dan keseimbangan air, karbohidrat, fosfor, dan nutrisi-nutrisi lainnya.