Pengertian Asuransi

Siapa sih yang tidak tahu asuransi? Biasanya istilah satu ini sinonim dengan risiko hidup.

Karena hidup mempunyai banyak risiko, mulai dari jatuh sakit, tagihan rumah sakit yang membengkak, kecelakaan tak terduga, kehilangan harta benda secara tiba-tiba, hingga risiko kematian. Semua risiko ini mempunyai dampak finansial.

Kalau berdasarkan KBBI, pengertian asuransi adalah pertanggungan yang didasari perjanjian antara dua pihak. Tetapi OJK mendefinisikan lebih jauh, di mana kedua pihak ini didefinisi sebagai Pemegang Polis (orang yang membayar premi asuransi) dan perusahaan asuransi.

Biasanya Pemegang Polis membayarkan asuransi untuk Tertanggung (orang yang risikonya ditanggung) dan jika risiko tak terduga terjadi, maka Tertanggung atau keluarga Tertanggung akan menerima ganti rugi dari perusahaan asuransi.

Jadi pada dasarnya sistem asuransi berguna memperingan risiko hidup dengan pengalihan risiko. Walaupun sejarah asuransi di Indonesia terbilang masih baru, sistem ini sudah ada bahkan sejak sebelum masehi.

Istilah Asuransi

Ada berbagai istilah dalam asuransi. Namun, ada 3 istilah paling penting, yaitu polis asuransi, manfaat, dan premi.

Polis asuransi adalah kontrak legal yang mengatur ketentuan antara Pemegang Polis dan perusahaan asuransi. Kontrak ini bersifat mengikat secara hukum.

Manfaat asuransi adalah jumlah penggantian rugi dan/atau santunan yang diberikan perusahaan asuransi ke Tertanggung atau keluarga Tertanggung ketika risiko hidup terjadi.

Premi adalah iuran yang harus dibayarkan oleh Pemegang Polis kepada perusahaan asuransi. Iuran ini dipakai untuk mengalihkan risiko hidup yang tertera di dalam polis.

Selain mengenal istilah asuransi, kamu juga perlu mengerti jenis-jenis asuransi yang ada.

Apa saja jenis asuransi?

Jenis asuransi berbeda tergantung pada risiko yang ditanggung oleh asuransinya. Ada 3 jenis asuransi, yaitu asuransi umum, asuransi jiwa, dan asuransi kesehatan.

1. Asuransi umum

Asuransi umum adalah jenis asuransi yang menanggung risiko penggantian rugi. Biasanya yang dilindungi adalah aset dan/atau harta benda. Misalnya saja:

  • Asuransi mobil;
  • Asuransi motor;
  • Asuransi rumah; dan/atau
  • Asuransi perjalanan.

Biasanya perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah nilai uang secara sekaligus. Namun, bisa juga penggantian rugi diberikan dalam bentuk penggantian biaya sesuai tagihan atau kerugian yang diderita.

2. Asuransi jiwa

Asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang menanggung risiko meninggal dunia. Biasanya manfaat asuransi jenis ini diberikan kepada Ahli Waris (anggota keluarga yang terdaftar sebagai penerima manfaat ketika Tertanggung meninggal).

Jenis asuransi jiwa pun berbagai macam. Ada yang hanya memberikan perlindungan hingga Tertanggung pensiun di usia 60 tahunan, dan ada yang mencapai 99 tahun. Semua informasi ini dapat kamu dapatkan di polis. Karena itu, pastikan kamu membaca polis dengan teliti!

3. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang menanggung risiko perawatan di rumah sakit. Ada beberapa jenis asuransi kesehatan yang menanggung rawat jalan, namun kebanyakan asuransi kesehatan hanya menanggung risiko rawat inap yang biayanya jauh lebih mahal.

Bentuk manfaatnya pun juga berbeda-beda. Ada yang memberikan penggantian rugi sesuai tagihan, tetapi ada yang memberikan santunan tunai tetap berdasarkan hari dirawat inap.

Apakah perusahaan asuransi bisa dipercaya?

Mungkin kamu pernah dengar bahwa banyak perusahaan asuransi bodong dan/atau hanya menipu saja. Tetapi berita yang kamu dengar ini tidak berlaku untuk kebanyakan perusahaan asuransi.

Nyatanya perusahaan asuransi ditunjang oleh berbagai pihak. Misalnya saja:

  • Otoritas Jasa Keuangan mengatur dan memonitor perusahaan asuransi;
  • Perusahaan reasuransi memastikan risiko perusahaan asuransi bisa ditangani;
  • Perusahaan penilai kerugian asuransi memberikan konsultasi pada perusahaan asuransi agar mereka sanggup membayar klaim yang diajukan.

Salah satu contoh produk dari perusahaan asuransi yang bisa dipercayai adalah Super You by Sequis Online. Tidak hanya diawasi OJK, mereka juga mengutamakan kenyamanan transaksi online dengan mendapatkan sertifikasi sistem manajemen keamanan internasional ISO 27001. Follow juga social media Super You, @superyouid untuk Instagramnya.

Nah, dengan membaca artikel ini, apa kamu sudah mendapat pengertian asuransi yang sesungguhnya? Pastikan kamu sudah mengerti ya sebelum membeli!