Begini Cara Merawat Peralatan Bayi agar Tetap Steril

Sebagai seorang ibu, apalagi jika ini adalah pengalaman pertama dalam mengurus bayi Anda perlu tahu bahwa peralatan bayi harus dijaga agar tetap steril. Nah, salah satu peralatan bayi yang sering digunakan adalah Pigeon. Ada banyak diskon Pigeon menarik yang bisa Anda temukan di Orami. Namun, sebelum itu, simak dulu cara merawat peralatan bayi di bawah ini.

  1. Selalu cuci tangan sebelum mencuci peralatan

Ada yang harus Anda perhatikan ketika mencuci peralatan bayi yakni dengan mencuci tangan terlebih dahulu. Di sini Anda harus menggunakan sabun antiseptik dengan tujuan untuk mencegah terjadinya perpindahan bakteri ke peralatan bayi.

  1. Lepaskan semua komponen

Ketika mencuci peralatan bayi misalnya botol susu, maka di sini Anda harus melepaskan semua komponen yang ada. Dengan melepaskan semua komponen akan memungkinkan mencuci menjadi lebih bersih.

Bahkan, kotoran yang menempel di area yang kecil-kecil bisa diangkat secara menyeluruh. Hal ini tentunya akan berbeda dengan tidak melepaskannya. Saat tidak melepaskannya, mungkin peralatan sudah terlihat bersih. Namun sering kali saat akan digunakan masih tersisa kotoran yang seharusnya sudah dibersihkan.

  1. Gunakan sikat pembersih

Ketika Anda akan membersihkan botol bayi, agar lebih bersih maka di sini Anda bisa menggunakan sikat pembersih. Mengapa? Tujuannya agar bagian dalam botol bisa dibersihkan secara menyeluruh. Cara membersihkannya juga benar dimana dimulai dengan bibir botol, baru kemudian masuk ke dalam botol.

  1. Pilih sabun cuci yang aman

Pada saat mencuci peralatan bayi, maka yang perlu Anda tahu di sini adalah Anda tidak boleh menggunakan sembarang jenis sabun untuk mencuci. Sebab, pencernaan bayi masih sangat sensitif dan jika apabila masih ada sisa sabun yang ada di sana bisa berpengaruh terhadap pencernaannya. Oleh sebab itu, Anda harus benar dalam memilih sabun yang akan digunakan. Pastikan juga bahwa saat mencuci benar-benar harus bersih sehingga tidak tersisa aroma bau sabun yang menempel.

  1. Gunakan air mengalir

Ini adalah hal yang sangat penting. Ketika Anda membersihkan peralatan bayi pastikan bahwa Anda selalu menggunakan air yang mengalir. Mengapa? Karena air mengalir akan menghilangkan kuman dan kotoran yang menempel di peralatan bayi lebih sempurna.

  1. Rendam pada air panas

Jika peralatan bayi sudah selesai dicuci, langkah selanjutnya yang harus dilakukan sebelum menggunakannya adalah pastikan botol dalam keadaan yang steril. Jika di sini Anda tidak memiliki sterilizer, maka solusi yang bisa dipilih adalah dengan merendamnya menggunakan air panas.

Tahukah Anda jika air panas ini sudah terbukti sangat ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri setelah proses pencucian dilakukan. Proses perendaman juga perlu dilakukan selama 5 sampai 10 menit saja.

Dengan melakukan perawatan yang tepat, maka peralatan bayi Anda akan terjaga dan tetap steril. So, untuk Anda yang mencari produk untuk menjaga peralatan tetap steril, diskon Pigeon di Orami bisa dimanfaatkan.