Berbicara Mengenai Digital dan Offset Printing Dalam Kegiatan Percetakan

Percetakan Surabaya merupakan salah satu kegiatan usaha untuk mencetak beragam produk yang menunjang kegiatan. Produk percetakan Surabaya pun beragam mulai dari pakaian, banner, gelas bergambar hingga media cetak seperti pamflet, koran maupun majalah. Sebab itu, dunia percetakan Surabaya banyak menarik minat pengusaha untuk menjalankan usaha mereka karena penggunaan jasa percetakan Surabaya yang cukup tinggi.

percetakan Surabaya sendiri memiliki beberapa jenis yang dapat dipilih berdasarkan kebutuhan penggunaan percetakan Surabaya itu sendiri. Jenis percetakan yang kerap digunakan masyarakat terdapat dua jenis yakni percetakan dalam bentuk digital maupun percetakan dalam bentuk offset printing. Kedua jenis percetakan ini memiliki pangsa pasar, pengerjaan, estimasi waktu dan biaya pengerjaan yang berbeda. Sehingga anda perlu mengetahui pemilihan yang tepat untuk produk anda.

  •         Offset printing

Percetakan jenis ini merupakan percetakan jenis konvensional yang digunakan untuk mencetak dalam skala besar. Percetakan jenis ini menggunakan plat yang telah dibentuk sesuai dengan produk yang akan dicetak dimana selanjutnya akan disalin ke dalam bentuk ban karet untuk melakukan pencetakan. Pengerjaan menggunakan teknik ini memakan waktu yang cukup lama karena harus membuat plat terlebih dahulu dan membutuhkan waktu pengeringan. Selain itu biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pencetakan jenis ini cukup besar apabila tidak dalam skala besar. Hasil produk memuaskan karena tahan lama, kualitas antar produk sama dan warna produk sangat baik.

  •         Digital printing

Percetakan jenis ini merupakan metode percetakan dalam bentuk digital. File yang akan dicetak dimasukkan ke dalam komputer yang terintegrasi dengan mesin cetak. Selanjutnya produk akan dapat langsung dicetak. Percetakan menggunakan jenis ini, cocok digunakan untuk anda yang menginginkan proses percetakan skala kecil dan cepat. Biaya yang dikenakan dalam digital printing cukup terjangkau dibandingkan dengan dengan offset printing bila melakukan pencetakan dalam skala kecil. Namun, biaya yang dibutuhkan dalam percetakan skala besar cukup tinggi dibandingkan offset printing. Hasil produk percetakan langsung dapat digunakan, kualitas produk standar, cukup tahan lama dan kualitas warnanya tidak tajam seperti offset printing.