Cara Mengajarkan Anak Membaca yang Tepat Untuk Bunda

Cara Mengajarkan Anak Membaca yang Tepat Untuk Bunda

Apakah Bunda pernah merasakan kesulitan mencari cara mengajarkan anak membaca? Membaca merupakan hal yang sangat penting bagi si kecil usia prasekolah yang mana pada usia tersebut, Otak bekerja lebih cepat dan waktu yang sangat tepat untuk mengasah kecerdasan anak dalam hal membaca.

Saat si kecil sulit diajari membaca, Bunda perlu mengetahui bahwa terdapat cara khusus yang membuat anak lebih tertarik untuk membaca dan bisa mengerti dengan lebih cepat. Cara mengajarkan anak membaca dengan metode yang tepat pastinya dapat membuat anak lebih giat dalam membaca dan mendapatkan banyak informasi baru agar anak lebih cerdas.

Yuk ketahui apa saja metode membaca yang bisa Bunda pakai untuk mengajarkan anak agar lebih cepat dan bisa dalam membaca!

Metode Mengajarkan Anak Membaca yang Perlu Bunda Ketahui

Dalam melatih anak membaca, R. Ella Yulaelawati, Ph.D, Direktur Pembinaan PAUD Kemendikbud RI, mengatakan bahwa kemampuan anak perlu diasah dengan mendengarkan dan kemudian mengulang apa yang telah didengarkan. Misalnya jika Bunda memperkenalkan anak dengan lebih banyak kosakata seperti mendongeng, maka si kecil akan lebih mudah mengingat dan tertarik untuk belajar membaca.

Di sisi lain, Bunda bisa memperkenalkan baca tulis dan hitung untuk melatih daya ingat dan mengasah kecerdasan pada anak dengan beberapa cara di bawah ini :

1. Membaca Dengan Bantuan Gambar yang Mudah Diingat

Bunda dapat menggunakan trik sebagai cara mengajarkan anak membaca menggunakan bantuan gambar yang sesuai dengan kosakata tersebut. Misalnya jika Bunda ingin mengajarkan kata “bebek”, Ajarkan si anak untuk memilih gambar yang sesuai dengan kata tersebut dan dan menyuruhnya untuk mengulang apa yang Bunda ucapkan. Biasanya terdapat kertas khusus bantuan untuk anak membaca yang dilengkapi dengan tulisan Latin.

2. Belajar Membaca Dengan Bantuan Menulis 

Cara mengajarkan anak membaca selanjutnya yaitu dengan menulis. Bunda bisa mengajari Bagaimana cara menulis kosakata tertentu yang sederhana sehingga membuat si kecil lebih mudah mengingat apa yang dipelajarinya. Sehingga nantinya jika si kecil menemukan kosakata yang telah dipelajari dengan hasil menulis, maka anak akan jauh lebih mudah mengingat dan bisa membaca secara perlahan.

3. Mengajarkan Berhitung Kepada Anak 

Bunda bisa mencoba cara mengajarkan anak membaca dengan cara berhitung. Misalnya saat si kecil sedang menikmati buah apel, Bunda bisa mengajak anak untuk berhitung buah apel atau irisan yang ditaruh di atas meja. Nantinya setelah anak memahami dan bisa berhitung, Bunda bisa melanjutkan membaca kosakata yang telah dipelajari dari hasil bermain hitungan bersama anak.

Untuk mendukung proses belajar si kecil dalam membaca, sebaiknya Bunda juga membantunya dengan memberikan asupan gizi dan nutrisi yang membantu otak agar bekerja lebih cepat dan bisa mengingat dengan lebih mudah segala sesuatu yang telah dipelajarinya. DANCOW Nutritods 3+ merupakan susu pertumbuhan yang sangat cocok bagi tumbuh kembangnya si kecil serta dapat membantu si buah hati untuk membaca lebih cepat dan mudah karena nutrisi dan gizi yang terpenuhi.