Cara Mengembalikan Posisi Bayi Sungsang Dengan Alami

Posisi bayi sungsang artinya kaki janin berada di bawah dan kepala di atas atau posisi vertikal. Posisi ini terbalik karena harusnya kepala harus searah dengan jalur keluar janin. Pemeriksaan berupa USG harus dilakukan untuk melihat apakah bayi sungsang. Terdapat cara mengembalikan posisi bayi sungsang secara alami.

Mengembalikan Bayi Sungsang

  1. Angkat panggul

Angkat panggul hingga memiliki jarak sekitar 30 cm dari tanah. Mintalah bantuan orang apabila mengalami kesulitan. Anda perlu menekuk lutut dan telapak kaki rata di lantai dengan tubuh telentang. Latihan ini cukup ringan. Lakukan 10-15 menit per sesi selama 3x dalam sehari. Gunakan bantal untuk menopang panggul supaya tidak sakit. Melakukan olahraga ringan juga dapat membantu.

  1. Gunakan suara

Bayi akan mulai dapat mendengar suara yang ada di luar perut ibu. Manfaatkan cara mengembalikan posisi bayi sungsang untuk menyetel musik klasik yang tenang dan biarkan si kecil akan perlahan berpindah sambil mengikuti arah suara musik. Maka dari itu musik bisa diletakkan di bagian bawah perut.

  1. Terapi akupunktur

Terapi akupunktur dipadukan dengan pembakaran daun herbal disebut sebagai terapi moksibusi, ditambah metode ECV yang dipercaya dapat membantu mengubah posisi bayi sungsang. Terapis akan memasukkan jarum akupuntur ke ujung jari kecil Anda. Cara ini ternyata mampu memberikan rangsangan pergerakan agar posisi bayi tidak sungsang. Namun, sebaiknya Anda melakukan konsultasi apabila ingin melakukan metode ini.

  1. Terapi hipnosis

Hipnoterapi dapat membantu Anda rileks, fokus, dan tenang dengan memberi nasehat kepada pikiran bawah sadar. Menurut penelitian, apabila ibu hamil sering menjalani perawatan ini saat usia kehamilan mencapai 37-40 minggu, bayi dapat mengubah posisinya. Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter mengenai masalah ini.

Penanganan Bayi Sungsang di Rumah Sakit

Sebaiknya konsultasi dengan dokter apabila cara alami masih tidak berhasil. Salah satu metode yang paling umum untuk mengoreksi bayi sungsang adalah ECV. Bisa juga dengan pemberian relaksan rahim dan kombinasi anestesi agar tingkat keberhasilan ECV meningkat.

Apabila cara alami atau prosedur medis masih belum dapat mengembalikan posisi normal janin, biasanya dokter akan memilih operasi caesar untuk menjaga keamanan ibu dan bayi meskipun masih dapat melakukannya secara normal yang memiliki risiko yang lebih tinggi.

Untuk mendapatkan efek yang maksimal dan terhindar dari komplikasi berbahaya, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan setelah mencoba melakukan tindakan apa pun untuk memperbaiki posisi sungsang.

Inilah cara mengembalikan posisi bayi sungsang. Hingga bayi lahir dan juga tumbuh dewasa, Ibu tetap harus memberikan anak nutrisi yang cukup. Berikan Anak susu Bebelac untuk membantu tumbuh kembangnya karena kandungan nutrisinya yang sangat lengkap.