Kenali 4 Penyebab Nyeri Dada di Sebelah Kiri

Kenali 4 Penyebab Nyeri Dada di Sebelah Kiri

Seringkali nyeri dada dianggap sebagai indikasi penyakit jantung, padahal kondisi ini belum tentu berkaitan dengan penyakit atau serangan jantung. Kondisi rasa sakit pada bagian dada bisa saja dikarenakan gangguan pencernaan, paru-paru, bahkan karena kondisi psikis akibat panik atau cemas.

Bahkan sakit di bagian tertentu dapat mengindikasikan hal yang berbeda, misalnya bagian kiri yang bisa disebabkan serangan jantung atau gangguan lain. Jika merupakan serangan jantung harus ditangani dengan segera. Namun, apabila diakibatkan hal lain tentu akan berbeda penanganannya.

Penyebab Nyeri di Bagian Dada Sebelah Kiri

Apabila Anda sering mengalami sakit pada bagian dada di bagian kiri, maka perlu segera mengetahui penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya bisa langsung dilakukan penanganan yang tepat. Berikut adalah penyebab sakit di bagian dada sebelah kiri:

1.     Serangan Jantung

Penyebab utama nyeri pada bagian dada sebelah kiri adalah karena terjadi serangan jantung akibat aliran darah ke otot jantung terhambat. Nyeri yang dirasakan berupa rasa sakit di bagian dada yang menjalar ke lengan bagian kiri, rahang, leher, punggung hingga perut.

Serangan jantung biasanya juga diikuti dengan keringat dingin, mual atau muntah, sesak napas, batuk atau mengi, dan rasa cemas seperti serangan panik padahal pasien tidak pernah mengalaminya sebelumnya. Untuk penangannya, harus segera dilarikan ke rumah sakit terdekat.

2.     Angina

Nyeri dada yang diakibatkan oleh aktivitas fisik yang membuat jantung bekerja lebih keras disebut angina. Biasanya, rasa nyeri ini akan mereda seiring waktu setelah penderita beristirahat. Kondisi ini tidak selalu harus memerlukan tindakan medis.

Gejalanya berupa rasa nyeri yang menyebar dari dada sebelah kiri ke lengan kiri, leher, rahang, lalu ke bagian punggung. Bisa juga disertai dengan mual, sesak napas, dan tubuh terasa sangat lelah.

3.     Gangguan pada Saluran Pencernaan

Penumpukan gas di bagian usus dapat menyebabkan rasa nyeri di bagian dada sebelah kiri yang disertai juga dengan gastroesophageal reflux disease atau GERD. Kondisi ini biasanya disertai dengan kembung, sering kentut, dan sering bersendawa. Apabila kondisi yang dialami penderita parah, maka harus segera dibawa ke rumah sakit untuk penanganan terbaik.

4.     Stres

Selain masalah sakit fisik, rasa sakit yang terjadi di bagian dada kiri juga bisa disebabkan oleh stres atau gangguan mental psikosomatik. Kondisi ini dapat disebabkan oleh bekerja terlalu berat, berbagai masalah hidup, dan juga gaya hidup tidak sehat, maupun merokok dan minuman beralkohol. Kondisi ini membutuhkan penanganan cepat dan tepat, karena bisa mengakibatkan penyakit atau serangan jantung.

 

Jika Anda sering mengalami nyeri dada atau ada keluarga yang mengalami kondisi ini sebaiknya segera memeriksakannya untuk mengetahui penyebabnya. Semakin cepat diketahui penyebabnya akan mempercepat penanganan dan pengobatannya sehingga tidak memperburuk kesehatan Anda maupun anggota keluarga.