Penggunaan ‘Isi Piringku’ Pada Konsumsi Harian Anak

Kalimat 4 sehat 5 sempurna merupakan slogan yang erat dengan kehidupan masyarakat. Dimana kalimat ini digunakan untuk konsumsi harian masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi harian mereka. Seiring berjalannya waktu, pola konsumsi harian ini berubah dan bergeser. Kini makanan 4 sehat 5 sempurna sudah tidak relevan diterapkan pada pola hidup masyarakat saat ini yang banyak mengonsumsi makanan cepat saji dan beragam makanan yang mengandung zat berbahaya bagi tubuh.

Pola makanan yang tepat untuk masyarakat modern baik anak – anak hingga orang dewasa adalah Isi Piringku. Dimana makan dengan menggunakan takaran Isi Piringku akan lebih mengenyangkan dan menyehatkan dibandingkan dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. Konsumsi makanan ini dapat diterapkan kepada seluruh anggota keluarga dirumah. Terutama pada anak – anak selama masa tumbuh kembang mereka.

Isi piringku dapat diterapkan kepada anak dalam menu makanan gizi seimbang mereka. Dimana porsi Isi Piringku yang dianjurkan adalah konsumsi karbohidrat atau nasi dan penggantinya 1/3 porsi piring. Konsumsi sayur dan buah diberikan 1/3 porsi pada piring tersebut. Kemudian konsumsi protein atau lauk pauk adalah sebesar 1/3 porsi piring. Penerapan pola makanan gizi seimbang ini akan menunjang kesehatan anak selama tumbuh dan berkembang.

Pola makanan gizi seimbang dengan menerapkan Isi Piringku dapat dibantu dengan pola konsumsi harian anak yang baik dan benar. Dimana ada baiknya memberikan anak makan sebanyak 3 kali sehari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka. Konsumsi makanan gizi seimbang juga dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan makan bersama keluarga secara terjadwal setiap harinya. Hal ini akan menambah nafsu makan anak dan baik untuk membentuk mental anak.

Kegiatan konsumsi pola makanan gizi seimbang dapat dilakukan dengan memberikan pola konsumsi tersebut kepada anak. Dengan begitu anak akan mudah meniru perilaku orang tua mereka. Konsumsi makanan gizi seimbang yang diperkenalkan sedari dini akan membuat anak mengerti akan pentingnya konsumsi makanan gizi seimbang dan menjadi pola kebiasaan mereka hingga besar. Sebab itu, penting memberikan makanan gizi seimbang untuk anak selama masa tumbuh kembang mereka.

Ada banyak manfaat yang baik untuk tumbuh kembang anak ketika menerapkan pola makanan gizi seimbang. Berikut merupakan keuntungan menerapkannya dalam kegiatan harian :

  1. Mood anak akan baik tiap harinya
  2. Berat badan dan tinggi badan anak ideal
  3. Anak mampu beraktivitas dengan ceria dan bersemangat
  4. Mendukung kecerdasan anak dalam berpikir dan mengeksplorasi
  5. Menurunkan resiko terjangkit penyakit seperti anemia, busung lapar, obesitas dan sejenisnya
  6. Imunitas tubuh anak terbentuk dengan baik
  7. Kesehatan mental anak juga baik berkat pola makanan gizi seimbang